Download Rpp Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pelaksanaan pembelajaran sanggup berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana dibutuhkan pada Standar Proses.
Setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis. Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran yang dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil berguru siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil pribadi dari pengalaman berguru yang dirancangkan dalam RPP. Agar cita-cita ini sanggup tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.
Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut.
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan aktivitas santunan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
Langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
- Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
- Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan diadaptasi dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
- Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
- Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
- Menentukan media, alat, bahan yang dipakai dalam proses pembelajaran.
- Memastikan sumber berguru yang dijadikan tumpuan yang akan dipakai dalam langkah klasifikasi proses pembelajaran.
- Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
- Mengembangkan evaluasi proses dan hasil berguru meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Literasi; keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- HOTS (Higher Order Thinking Skill)
- RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru Tahun 2017 (Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
- IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
- IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
- IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
- IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret
- RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
- Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar siswa bisa mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan menurut tiga hal lingkup materi yang saling berafiliasi dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi perilaku secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut yakni bahasa (pengetahuan perihal Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam aneka macam tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan sintesis dari tiga pendekatan, yaitu pedagogi genre, saintifik, dan Content and language integrated learning (CLIL). Alur utama model yakni pedagogi genre dengan 4M (Membangun konteks, Menelaah Model, Mengonstruksi Terbimbing, dan Mengonstruksi Mandiri). Kegiatan mendapat pengetahuan (KD-3) dilakukan dengan pendekatan saintifik 5M (Mengamati, Mempertanyakan, Mengumpulkan Informasi, Menalar, dan Mengomunikasikan). Pengembangan keterampilan (KD-4) dilanjutkan dengan langkah mengonstruksi terbimbing dan mengonstruksi mandiri. Pendekatan CLIL dipakai untuk memperkaya pembelajaran dengan prinsip: (1) isi [konten] teks—berupa model atau tugas--bermuatan abjad dan pengembangan wawasan serta kepedulian sebagai warganegara dan sebagai warga dunia; (2) unsur kebahasaan [komunikasi] menjadi unsur penting untuk menyatakan aneka macam tujuan berbahasa dalam kehidupan; (3) setiap jenis teks mempunyai struktur berpikir [kognisi] yang berbeda-beda yang harus disadari supaya komunikasi lebih efektif; dan (4) budaya[kultur], berbahasa, berkomunikasi yang berhasil harus melibatkan etika, kesantunan berbahasa, budaya (antarbangsa, nasional, dan lokal).
Materi Pokok Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013
- Pengertian teks berita
- Unsur-unsur isu (5 W + 1H)
- Ringkasan dan penyimpulan berita
- Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
- Tanggapan terhadap isi berita
- Struktur teks berita
- Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita
- Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)
- Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster
- Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster
- Penyimpulan maksud suatu iklan
- Menceritakan kembali iklan
- Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
- Cara menyusun teks iklan, slogan, poster
- Struktur teks eksposisi
- Kaidah teks ekposisi
- Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
- Menyanting teks eksposis
- Pengertian teks puisi
- Unsur-unsur pembentuk teks puisi
- Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya
- Periodesasi puisi (Pengayaan)
- Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.
- Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis
- Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)
- Pengertian teks eksplanasi
- Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/struktur teks eksplanasi
- Gagasan umum dalam teks eksplanasi
- Langkah-langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya
- Ragam isi teks eksplanasi
- Struktur teks eksplanasi
- Kaidah teks eksplanasi
- Pola-pola pengembangan teks eksplanasi
- Pengertian teks ulasan
- Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
- Maksud/arti penting teks
- ulasan
- Kelebihan/kelemahan dalam teks ulasan.
- Struktur teks ulasan
- Kaidah kebahasaan teks ulasan
- Cara menulis teks ulasan
- Pengertian dan is teks persuasi
- Ajakan-ajakan dalam teks persuasi
- Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
- Struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi
- Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
- Cara menyajikan teks persuasi
- Penyiapan bujukan/ajakan
- Memperhatikan struktur/kaidah teks ulasan
- Pengertian karakteris-tik teks drama
- Unsur-unsur teks drama
- Penjelasan isi drama
- Tanggapan atas drama
- Karakteristik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya
- Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal
- Langkah-langkah pementasan drama
- Literasi buku fiksi dan non fiksi
- Keragaman informasi dalam buku fiksi/nonfiksi
- Informasi buku melalui indeks
- Catatan perihal isi buku
- Teknik-teknik membaca
- Ungkapan dalam buku fiksi
- Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
- Daya tarik bacaan
- Mendiskusi-kan isi buku
0 Response to "Download Rpp Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar