-->

iklan banner

Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, Ppk, Literasi Dan Hots

Pelaksanaan pembelajaran sanggup berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis,  maka pembelajaran sanggup berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana dibutuhkan pada Standar Proses.

Setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis. Di samping RPP, guru juga harus menyiapkan media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran yang dikembangkan baik secara individual maupun kelompok.
RPP merupakan taught curriculum yang berarti bahwa apa yang dirancang dalam kurikulum harus tertuang dalam RPP untuk mencapai hasil berguru siswa atau learned curriculum yang merupakan hasil pribadi dari pengalaman berguru yang dirancangkan dalam RPP. Agar cita-cita ini sanggup tercapai dengan baik, maka guru harus menyusun perencanaan pembelajaran lengkap dan sistematis termasuk penilaiannya.

Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut. 
  • Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual,  bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa. 
  • Partisipasi aktif siswa.
  • Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,  kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk  membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan aktivitas sumbangan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. 
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.  
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi 


Langkah penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus      dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
  • Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan  KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis  Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan diubahsuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
  • Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang      mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks  pelajaran, buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  • Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
  • Menentukan  media,  alat,  bahan  yang dipakai dalam proses pembelajaran. 
  • Memastikan sumber  berguru yang dijadikan rujukan yang akan dipakai dalam langkah klasifikasi proses pembelajaran.
  • Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  • Mengembangkan evaluasi proses dan hasil berguru meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran
Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
  1. RPP Terintegrasi dengan pembelajaran:
    • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
    • Literasi; keterampilan era 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
    • HOTS (Higher Order Thinking Skill)
  2. RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru Tahun 2017 (Permendikbud nomor 24 tahun 2016)
  3. IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
  4. IPK disusun memakai kata kerja opresional yang sanggup diukur/dilakukan evaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
  5. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
  6. IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abnormal dan/atau ketrampilan konkret
  7. RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran.
  9. Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.

Kurikulum  2013 mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  secara  umum  bertujuan  agar  siswa bisa mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan menurut tiga hal lingkup materi yang saling berafiliasi dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan  berbahasa  (mendengarkan,  membaca,  memirsa,  berbicara,  dan  menulis) siswa. Kompetensi perilaku secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut ialah bahasa (pengetahuan wacana Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam banyak sekali tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).


Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan sintesis dari tiga pendekatan, yaitu pedagogi genre, saintifik, dan Content and language integrated learning (CLIL). Alur utama model ialah pedagogi genre dengan 4M (Membangun konteks, Menelaah Model, Mengonstruksi Terbimbing, dan Mengonstruksi Mandiri). Kegiatan mendapat pengetahuan (KD-3) dilakukan dengan pendekatan saintifik 5M (Mengamati, Mempertanyakan, Mengumpulkan Informasi, Menalar, dan Mengomunikasikan). Pengembangan keterampilan (KD-4) dilanjutkan dengan langkah mengonstruksi terbimbing dan mengonstruksi mandiri. Pendekatan CLIL dipakai untuk memperkaya pembelajaran dengan prinsip: (1) isi [konten] teks—berupa model atau tugas--bermuatan huruf dan pengembangan wawasan serta kepedulian sebagai warganegara dan sebagai warga dunia; (2) unsur kebahasaan [komunikasi] menjadi unsur penting untuk menyatakan banyak sekali tujuan berbahasa dalam kehidupan; (3) setiap jenis teks mempunyai struktur berpikir [kognisi] yang berbeda-beda yang harus disadari supaya komunikasi lebih efektif; dan (4) budaya[kultur], berbahasa, berkomunikasi yang berhasil harus melibatkan etika, kesantunan berbahasa, budaya (antarbangsa, nasional, dan lokal).

Materi Pokok Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013
Ruang lingkup materi Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013
1. laporan
2. pidato
3. cerpen
4. tanggap an
5. diskusi
6. kisah inspirasi
7. literasi

Materi Pokok Bahasa Indonesia Kelas 9 Kuriulum 2013

  • Fungsi teks laporan
  • Pengertian teks laporan
  • Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)
  • Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
  • Struktur  teks laporan
  • Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
  • Model teks laporan percobaan
  • Teks pidato persuasif
  • Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam
  • Struktur teks (pidato persuasif)
  • Ciri-ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif,  kata tugas, kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan
  • Model teks pidato persuasif
  • Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
  • Model teks narasi (cerpen)
  • Struktur teks narasi (cerpen)
  • Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas
  • Model teks narasi cerpen
  • Fungsi teks tanggapan
  • Model teks tanggapan
  • Simpulan isi teks jawaban berupa kritik atau pujian
  • Struktur teks tanggapan
  • Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian
  • Model teks jawaban (puji, kritik)
  • Fungsi  teks diskusi
  • Contoh Teks Diskusi
  • Simpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi
  • Struktur teks diskusi: Pendahuluan; Gagasan utama; Alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang; Gagasan utama—sudut pandang lain; Alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain;
  • Kebahasaan: Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata emotif

  • Fungsi teks narasi
  • Model teks narasi kisah inspiratif
  • Simpulan isi ungkapan simpati, kepedulian, tenggang rasa atau perasaan pribadi dalam bentuk kisah inspiratif
  • Struktur teks narasi
  • Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas
  • Model teks narasi kisah inspiratif
  • Literasi buku fiksi dan nonfiksi
  • Unsur-unsur buku
  • Cara membaca buku dengan SQ3R
  • Cara menciptakan rangkuman
  • Hubungan antar unsur buku
  • Contoh penyusunan tanggapan
  • Langkah menyusun jawaban terhadap buku yang dibaca


Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Rpp Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, Ppk, Literasi Dan Hots"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel