-->

iklan banner

Buku Pkwu Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru Tahun 2017

Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan terdiri atas empat aspek yaitu kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan yang diarahkan pada pengembangan produk dalam bentuk dami dengan memakai teknologi sempurna guna skala home industry dengan wawasan kewirausahaan semoga sanggup berdikari secara ekonomi. Untuk itu, keterampilan/psikomotorik dikembangkan pada tingkat presisi (sesuai standar). Pengembangan kompetensi siswa diarahkan untuk mempelajari produk teknologi berdasarkan  kerangka analisa  sistem  meliputi:  input, proses, output, melalui  prinsip Pikir, Gambar, Buat, Uji (PGBU).
Aspek mata pelajaran Prakarya SMP/MTs terdiri atas:

1. Kerajinan
Kerajinan sanggup dikaitkan dengan kerja tangan yang risikonya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika-ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada mekanisme pembuatannya. Lingkup ini sanggup digali dari potensi lokal dan seni terapan (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).

2. Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi dan menciptakan benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan  pemecahan  masalah.  Sebagai  contoh:  rekayasa  penyambungan  balok kayu untuk menciptakan susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan semoga susunan rumah tidak gampang runtuh. Lingkup ini memerlukan  kesatuan  pikir  dan  kecekatan  tangan  membuat  susunan  mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan dan hemat serta berpikir prediktif.

3. Budidaya
Budidaya flora dan binatang meliputi pembibitan, penanaman, pemanenan, penyimpanan,   dan   penanganan   atau   pengemasan   dan   distribusi   untuk proses selanjutnya. Substansi yang dipelajari pada aspek ini yaitu tanaman, ternak dan ikan. Manfaat edukatif teknologi budidaya yaitu training perasaan, training kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) semoga menjadi siswa yang berpikir sistematis menurut potensi kearifan lokal.

4. Pengolahan
Pengolah proses transformasi (perubahan bentuk) dari materi mentah menjadi produk olahan. Transformasi melibatkan proses-proses fisik, kimia, maupun mikrobiologis. Proses pengolahan meliputi pula penanganan dan pengawetan materi melalui banyak sekali teknik dasar proses pengolahan dan pengawetan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan materi pangan bagi pengembangan kepribadian siswa yaitu menambah keanekaragaman makanan, member nilai hemat dan timbul kesadaran pentingnya melaksanakan penanganan, pengolahan dan pengawetan materi pangan semoga tidak cepat rusak.

Baca Juga

Untuk Mata Pelajaran Prakarya, satuan pendidikan wajib menyelenggarakan minimal 2 (dua) aspek dari 4 (empat) aspek yang disediakan. Pengorganisasian pelaksanaan pilihan dua aspek Prakarya tersebut tergantung pada aspek yang dipilih/disediakan oleh satuan pendidikan. Ada beberapa alternatif pengorganisasian pelaksanaan antara lain dengan cara setiap semester mengikuti satu aspek yang berbeda, atau mengikuti dua aspek berbeda secara bersamaan dalam satu tahun dengan cara pengaturan yang baik (misalnya aspek kerajinan dan aspek budidaya, ketika menunggu tumbuhnya tumbuhan maka guru sanggup melaksanakan pembelajaran aspek kerajinan, sehingga alokasi waktu mata pelajaran prakarya sanggup termanfaatkan secara baik).

Berikut ini yaitu ruang lingkup materi Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas 11 Kurikulum 2013 revisi 2017

Semester Ganjil
Bab 1 Wirausaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
A. Perencanaan Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk
A. Bangun Datar
B. Sistem Produksi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah  Berbentuk Bangun Datar
C. Perhitungan Titik Impas (Break Even Point) Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
D. Strategi Promosi Produk Hasil Usaha Kerajinan dari Bahan  Berbentuk Bangun Datar
E. Laporan Kegiatan Usaha Kerajinan dari materi Limbah Berbentuk Bangun Datar
Bab 2 Wirausaha Produk Rekayasa Sistem Teknik
A. Perencanaan Usaha Produk Sistem Teknik
B. Sistem Produksi Usaha Sistem Teknik
C. Menghitung Titik Impas (Break Even Point)
D. Strategi Promosi Usaha Sistem Teknik
E. Laporan Kegiatan Pembuatan Produk Sistem Teknik

Bab 3 Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi
A. Perencanaan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
B. Penerapan Sistem Pembenihan Ikan Konsumsi  menurut Daya Dukung Wilayah
C. Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha  Pembenihan Ikan Konsumsi
D. Promosi Produk Hasil Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
E. Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
Bab 4 Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah
A. Perencanaan Usaha Makanan Khas Daerah
B. Penerapan Sistem Produksi Makanan Khas Daerah  Berdasarkan Daya Dukung Daerah
C. Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha  Makanan Khas Daerah
D. Promosi Produk Hasil Usaha Makanan Khas Daerah
E. Laporan Kegiatan Usaha Makanan Khas Daerah

Semester Genap
Bab 1 Wirausaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk  Bangun Ruang
A. Perencanaan Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah  Berbentuk Bangun ruang 
B. Sistem Produksi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang
C. Perhitungan Titik Impas(Break Event Point) Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Bebentuk Bangun Ruang
D. Strategi Promosi Produk Hasil Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang
E. Laporan Kegiatan Usaha Kerajinan dari materi Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi
A. Perencanaan Usaha Bidang Konversi Energi
B. Sistem Produksi Peralatan Konversi Energi
C. Menghitung Titik Impas (Break Event Point) Usaha  Peralatan Konversi Energi
D. Strategi Promosi Produk Peralatan Konversi Energi
E. Laporan Kegiatan Pembuatan Produk Bidang Konversi Energi

Bab 3 Wirausaha Budidaya Pembenihan Ikan Hias
A. Perencanaan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi 
B. Penerapan Sistem Pembenihan Ikan Hias  menurut Daya Dukung Daerah 
C. Menghitung Titik Impas (Break Event Point) Usaha Pembenihan Ikan Hias
D. Promosi Produk Hasil Usaha Pembenihan Ikan Hias
E. Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Hias

Bab 4 Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan  Hewani Menjadi Makanan Khas Internasional 
A. Perencanaan Usaha Makanan Internasional
B. Penerapan Sistem Produksi Makanan Internasional  menurut Daya Dukung Daerah
C.Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha Makanan Internasional (Spaghetti)
D. Promosi Produk Hasil Usaha Makanan Internasional
E. Laporan Kegiatan Usaha Makanan Internasional




Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Pkwu Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru Tahun 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel