-->

iklan banner

Buku Pengembangan Ukbm Sma Tahun 2017

UKBM sebagai perangkat berguru bagi penerima didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dengan memakai Sistem Kredit Semester  Pijakan utama pengembangan UKBM yakni Pedoman Penyelenggaraan SKS dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Tuntas yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Kemendikbud Tahun 2017. Di dalam pedoman dan panduan tersebut disebutkan bahwa setiap penerima didik harus mencapai ketuntasan secara individual terhadap keseluruhan Kompetensi Inti 

Karakteristik UKBM sebagai berikut.
  • Berbasis KD.
  • Kelanjutan/pengembangan terhadap penguasaan BTP.
  • Dapat mengukur ketuntasan/pencapaian kompetensi setiap mata pelajaran.
  • Bentuk kegiatan pembelajarannya berpusat pada penerima didik 
  • Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip TechnoPedagogical Content Knowledge
  • Kegiatan pembelajarannya yang mendidik dan dialogis yang bermuara pada berkembangnya kecakapan hidup Abad 21 atau dikenal dengan 4C Bersifat terapan pada tingkat berpikir analisis 
  • Dapat membuatkan penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimilikinya sebagai pembelajar cepat, normal, dan lambat.
  • Suasana dan proses kegiatan pembelajaran merupakan kondisi yang memilih keberhasilan UKBM, untuk itu pembelajarannya harus dirancang secara menarik, dinamis, merangsang, menginspirasi, sekaligus meyakinkan penerima didik bahwa kompetensi yang sedang dipelajari sanggup dikuasai dengan mudah, sederhana dan bermakna untuk kehidupannya.
  • Penampilan UKB menarik minat berguru penerima didik.

Prinsip UKBM sebagai berikut.
  • Matery learning  ketuntasan berguru secara individual yang mempersyaratkan penerima didik menguasai secara tuntas seluruh KI dan KD mata pelajaran sesuai dengan tingkat kecepatan berguru penerima didik, yaitu pembelajar cepat, normal, maupun lambat.
  • Proses berguru dan pembelajaran berlangsung secara interaktif yang mengorganisasikan pengalaman berguru untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta abjad melalui tranformasi pengalaman berguru melalui pembelajaran tatap muka, terstruktur, dan mandiri.
  • Berbasis KD yang dipakai untuk memfasilitasi penerima didik secara sedikit demi sedikit berkelanjutan dalam mempelajari dan menguasai unit-unit pembelajaran dalam suatu mata pelajaran.  Dengan demikian, setiap penerima didik sanggup berguru untuk menguasai kompetensi sesuai dengan gaya dan kecepatan belajarnya.
  • Dirancang untuk sanggup dipakai pada pembelajaran klasikal, pembelajaran kelompok, pembelajaran individual dan/atau pembelajaran dalam jaringan 
  • Memuat tujuan pembelajaran untuk mencapai KD.
  • Mampu mengevaluasi ketercapaian KD. UKBM dikembangkan berbasis KD oleh sebab itu UKBM harus merepresentasikan pencapaian KD.
  • Setiap UKBM diakhiri dengan adanya penilaian formatif sebagai tanda berlanjutnya ke UKBM berikutnya 
  • Bersifat Komunikatif sehingga penerima didik sanggup berinteraksi dengan UKBM baik secara individu maupun kelompok.
  • Berbasis kegiatan, pengembangan UKBM pada prinsipnya menunjukkan layanan utuh pembelajaran kepada penerima didik secara individu dan sanggup dipelajari secara mandiri 
  • Bersifat hangat, cerdas, dan ramah. Hangat sebab UKBM harus menarik minat penerima didik untuk belajar, membangun rasa penasaran, dan terbuka. Cerdas sebab UKBM harus mencerdaskan penerima didik, fokus pembelajarannya jelas, aktivitasnya jelas, dan tujuan belajarnya jelas. Ramah sebab UKBM bahasanya harus gampang dipahami, selalu menyisakan pertanyaan untuk ditindaklanjuti penerima didik.
 UKBM sebagai perangkat berguru bagi penerima didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan d  Buku Pengembangan UKBM Sekolah Menengan Atas Tahun 2017

Untuk lebih detainya silahkan Download Buku Pengembangan UKBM Sekolah Menengan Atas Tahun 2017


Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Pengembangan Ukbm Sma Tahun 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel