Buku Panduan Evaluasi Sma Tahun 2017
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik. Pelaksanaan penilaian di Sekolah Menengan Atas mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan dan peraturan-peraturan penilaian lain yang relevan yaitu kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu penerima didik yang dipakai sebagai dasar dalam penilaian hasil mencar ilmu penerima didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. dimana penilaian dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning), dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).
Dalam melaksanakan penilaian hasil belajar biar akhirnya sanggup diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan memakai hasil penilaian, maka acara penilaian harus merujuk kepada prinsip-prinsip penilaian. Berikut prinsip-prinsip penilaian hasil mencar ilmu penerima didik.
1. Sahih
2. Objektif
3. Adil
4. Terpadu
5. Terbuka
6. Menyeluruh dan Berkesinambungan
7. Sistematis
8. Beracuan Kriteria
9. Akuntabel
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh penerima didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, guru harus merumuskan sejumlah indikator sebagai pola penilaian dan sekolah juga harus memilih ketuntasan mencar ilmu minimal atau kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk tetapkan seorang penerima didik sudah tuntas atau belum. KKM menggambarkan mutu satuan pendidikan, oleh alasannya itu KKM setiap tahun perlu dievaluasi dan diperlukan secara sedikit demi sedikit terjadi peningkatan KKM.
Untuk Lebih Jelas dan detainya silahkan Download Buku Panduan Penilaian Sekolah Menengan Atas Tahun 2017
0 Response to "Buku Panduan Evaluasi Sma Tahun 2017"
Posting Komentar