-->

iklan banner

Contoh Soal + Kunci Tanggapan + Pembahasan Sejarah Peminatan Sma/Ma Kurikulum 2013 Tahun 2018

1. Banyak tahap-tahap yang harus dilalui dapam penelitian sejarah salah satunya ialah pengujian terhadap isi dari materi yang telah ditemukan sebagai materi penulisan sejarah disebut kritik…
A. Verifikasi
B. Ekstern
C. Heuristic
D. Interpretasi
E. Intern
Pembahasan
Banyak tahap-tahap yang harus dilalui dapam penelitian sejarah salah satunya ialah pengujian terhadap isi dari materi yang telah ditemukan sebagai materi penulisan sejarah disebut kritik Intern
Kunci Jawaban E

2. Berikut ini yang merupakan urutan tahapan penelitian sejarah adalah
1) heuristik, 
2) verifikasi, 
3) interpretasi, dan 
4) historiografi
Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut
A. periodisasi
B. interpretasi
C. heuristik
D. historiografi
E. verifikasi
Pembahasan :
Tahapan penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah ialah verifikasi. Verifikasi atau kritik sumber mencakup kritik intern dan kritik ekstern
Jawaban : E

3. Perhatikan informasi berikut :
1) Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti sanggup dibuktikan kebenarannya
2) Sejarah menceritakan insiden yang benar-benar terjadi
3) Sejarah menceritakan peristiwa-peristiwa masa lampau
4) Sejarah bertujuan memberi legitimasi kekuasaan kepada para pejabat
5) Semua insiden sejarah sanggup menjadi panutan serta pedoman bagi pembacanya
Berdasarkan informasi tersebut, ciri-ciri sejarah sebagai ilmu ialah ….
A. 1), 2), dan 3).
B. 1), 2), dan 4).
C. 2), 3), dan 4)
D. 3), 4), dan 5).
E. 2), 4), dan 5),
Pembahasan
ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah 
1) Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti sanggup dibuktikan kebenarannya, 
2) Sejarah menceritakan insiden yang benar-benar terjadi, 
3) Sejarah menceritakan peristiwa-peristiwa masa lampau
Kunci Jawaban A

4. Masa praaksara di Indonesia sudah terjadi semenjak insan purba berkembang di wilayah nusantara. Keadaan masa praaksara sanggup diketahui berdasarkan…
A. keterangan yang diperoleh dari insan purba
B. berita-berita yang ditulis oleh para musafir
C. peninggalan-peninggalan benda-benda yang pernah dipakai insan praaksara pada masa hidupnya
D. peninggalan-peninggalan yang berupa prasasti
E. berita dari nenek moyang kita pada masa lampau
Pembahasan
Masa praaksara di Indonesia sudah terjadi semenjak insan purba berkembang di wilayah nusantara. Keadaan masa praaksara sanggup diketahui menurut peninggalan-peninggalan benda-benda yang pernah dipakai insan praaksara pada masa hidupnya.
Kunci Jawaban C

5. Banyak insan purba dari luar Indonesia yang hidup sezaman dengan insan purba di Indonesia. Manusia purba dari gua chou Kou Tien, China yang mempunyai banyak kesamaan dengan Pithecantropus Erectus di Indonesia adalah…
A. Australopithecus
B. Homo Sapien
C. Homo Wajakensis
D. Gigantrophus
E. Sinantrophus Pekinansis
Pembahasan
Banyak insan purba dari luar Indonesia yang hidup sezaman dengan insan purba di Indonesia. Manusia purba dari gua chou Kou Tien, China yang mempunyai banyak kesamaan dengan Pithecantropus Erectus di Indonesia ialah Sinantrophus Pekinansis
Kunci Jawaban E

6. Di Mesir terdapat beberapa bangunan piramida yang berfungsi sebagai....
A. Untuk menyimpan sekaligus gudang bagi persenjataan rakyat
B. Gedung pertemuan yang terbesar di Afrika Selatan
C. Sebagai tempat makam pharao Mesir
D. Penjara bagi para penjahat penentang raja
E. Tempat yang bernilai religius bagi keluarga raja
Pembahasan 
Di Mesir terdapat beberapa bangunan piramida yang berfungsi sebagai Sebagai tempat makam pharao Mesir
Kunci Jawaban : C

7. Sebagai sentra pengajaran Buddha Vajrayana, Sriwijaya menarik banyak peziarah dan sarjana dari negara-negara di Asia. diantaranya yaitu
A. kaisar Yuan Fong.
B. raja San-fo-ts'I
C. pendeta dari Tiongkok I Tsing,
D. kerajaan Min dan kerajaan Nan Han
E. invasi Rajendra Chola I
Pembahasan
Sebagai sentra pengajaran Buddha Vajrayana, Sriwijaya menarik banyak peziarah dan sarjana dari negara-negara di Asia. Antara lain pendeta dari Tiongkok I Tsing, yang melaksanakan kunjungan ke Sumatera dalam perjalanan studinya di Universitas Nalanda, India, pada tahun 671 dan 695, I Tsing melaporkan bahwa Sriwijaya menjadi rumah bagi sarjana Buddha sehingga menjadi sentra pembelajaran agama Buddha. Selain informasi diatas, terdapat informasi yang dibawakan oleh I Tsing, dinyatakan bahwa terdapat 1000 orang pendeta yang mencar ilmu agama Budha pada Sakyakirti, seorang pendeta populer di Sriwijaya
Kunci tanggapan C

8. Salah satu artikulasi bahasa bijak dari patih gajah mada di ikuti oleh bangsa indonesia yaitu 
A. bhineka tunggal ika
B. pembentuk silsilah keluarga
C. pembentuk pemerintahan kerajaan
D. dikenalnya sistem kasta pada masyarakat Hindu
E. mulai dikenalnya konsep raja dan kerajaan
Pembahasan
artikulasi bahasa bijak dari patih gajah mada di ikuti oleh bangsa indonesia yaitu "bhineka tunggal ika" bahkan kini menjadi pedoman hidup Pancasila
Kunci tanggapan A

9. Salah satu peninggalan Kesultanan demak yaitu...
A. Makam para sultan yang di kuburkan di kawasan sekitar Demak
B. Keris pusaaka peninggalan kesultanan demak yang kini dimuseumkan
C. Al- Qur’an yang pernah di gunakan oleh salah satu sultan di kesultanan Demak
D. Masjid Demak yang mempunyai satu tiang utama dan disebut soko
E. Benteng tempat diasingkannya para pemberontak yang berusaha menghancurkan demak
Pembahasan
Salah satu peninggalan Kesultanan demak yaitu Masjid Demak yang mempunyai satu tiang utama dan disebut soko
Kunci Jawaban D

10. Berikut ini ialah beberapa penyebab kegagalan dari adipati unus (demak) dalam menyerang portugis di malaka kecuali
A. Persenjataan dan armada perang Pasukan Dipati Unus kalah oleh tekhnologi persenjataan/  armada perang Portugis di Malaka. 
B. Bangsa Portugis mempunyai pengetahuan dan seni administrasi perang yang lebih baik dari Dipati Unus alasannya ialah mereka ialah bangsa pengembara lautan.. 
C. Belum adanya rasa persatuan dan kesatuan antara sesama kerajaan di Nusantara 
D. Lokasi Malaka yang jauh menjadikan pasukan pengganti / dukungan dari kerajaan Demak terlambat untuk membantu pasukan Dipati unus yang kewalahan melawan Portugis.
E. Terjadi Perang Ganter antara Ken Arok dengan Kertajaya (Raja Kediri ketika itu). Ken Arok dengan dukungan para brahmana berhasil mengalahkan Kertajaya di Ganter (Punjon, Malang)
Pembahasan
Beberapa penyebab kegagalan dari adipati unus (demak) dalam menyerang portugis di malaka diantaranya yaitu 
1) Persenjataan dan armada perang Pasukan Dipati Unus kalah oleh tekhnologi persenjataan/  armada perang Portugis di Malaka. 
2) Bangsa Portugis mempunyai pengetahuan dan seni administrasi perang yang lebih baik dari Dipati Unus alasannya ialah mereka ialah bangsa pengembara lautan.. 
3) Belum adanya rasa persatuan dan kesatuan antara sesama kerajaan di Nusantara 
4) Lokasi Malaka yang jauh menjadikan pasukan pengganti / dukungan dari kerajaan Demak terlambat untuk membantu pasukan Dipati unus yang kewalahan melawan Portugis.
Kunci Jawaban E


Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal + Kunci Tanggapan + Pembahasan Sejarah Peminatan Sma/Ma Kurikulum 2013 Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel