-->

iklan banner

Buku Pai & Bp Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. 



Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilaksanakan dengan memakai pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan). Di samping itu, pembelajaran juga sanggup dilakukan dengan banyak sekali macam model dan pendekatan sesuai dengan karakteristik bahan yang dibelajarkan dan kompetensi yang akan dicapai.




Aspek yang dinilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian perilaku dilakukan melalui observasi, evaluasi diri, dan evaluasi antar teman. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan   melalaui   tes   tertulis,   tes   lisan,   dan      penugasan.   Penilaian   aspek keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek dan portofolio.


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan kepada watak yang mulia dan kepada pembentukan akseptor didik yang penuh kasih sayang. Bukan hanya penuh kasih sayang kepada sesame muslim, melainkan kepada semua manusia, bahkan kepada segenap unsur alam semesta. Hal ini selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk menyebarkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Peserta didik tidak hanya diperlukan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi meningkat juga kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia abjad dan kepribadiannya.

dimana didalam Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan akseptor didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan perilaku keseharian yang sesuai dengan tuntutan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual yang bekerjasama dengan pencipta maupun ibadah yang mengatur korelasi antara sesama dalam sosial kemasyarakatan.  sebagai buku pendidikan agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Urutan pembelajaran dirancang dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan akseptor didik. 

Dengan demikian, bahan buku ini bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal baik oleh akseptor didik maupun guru, melainkan untuk menuntun apa yang harus dilakukan akseptor didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya dalam memahami dan menjalankan pemikiran agamanya.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai  dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, akseptor didik diajak berani untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya.





Sumber http://kamusedukasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Pai & Bp Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel